Selasa, 21 Juli 2015

5 KUE LEBARAN YANG TIDAK TAHAN LAMA DI MEJA TAMU


Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam yang sangat dinanti-nantikan bagi umat muslim diseluruh dunia.

Pada tahun 2015 ini lebaran telah ditetapkan oleh mentri agama Republik Indonesia jatuh pada tanggal 17 Juli 2015 setelah melalui sidang isbat yang melibatkan beberapa ahli hisab diseluruh wilayah Indonesia.

Saat lebaran merupakan momen yang spesial dimana saat itu kita bisa saling bermaafan dengan keluarga, sahabat dan seseorang yang mungkin mempunyai kesalahan dimasa lalu.

Keunikan lainya saat lebaran adalah adanya jajanan atau panganan khusus yang biasa hadir menyertai saat datangnya hari raya lebaran.


Berikut ini jajanan / panganan khas lebaran yang keberadaanya tidak lama di meja tamu, dikarenakan banyak yang mencicipi sehingga terkadang terlihat aneh.

Beberapa toples / wadah jajanan masih penuh sedangkan beberapa yang lain telah habis atau tersisa setengah hehehe.

Langsung simak yah jajanan khas lebaran yang tidak tahan lama di meja tamu berikut :



1. KURMA
Kurma adalah jajanan yang terbuat dari tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia.
Menurut admin jajanan yang sudah ada diawal-awal sebelum ramadhan ini memang mempunyai banyak peminat, maklum rasanya yang manis memang menjadi pilihan saat menikmati suasana lebaran sambil ngobrol-ngobrol.



2. NASTAR
Entah siapa yang memulainya jajanan ini nampaknya selalu wajib hadir saat lebaran tiba, rasanya tidak afdol jika lebaran tidak ada nastar di ruang tamu.
Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh.
Jajanan ini menempati urutan ke dua setelah kurma karena berdasarkan pantauan admin saat berkunjung ke rumah tetangga-tetangga memang toples dengan isi nastar terlihat cepat habis hehehe



3. BISKUIT KHONG GUAN 
Biskuit legendaris dengan beraneka jenis kue didalam dengan bentuk kaleng yang khas ini biasa hadir ketika lebaran tiba berada di urutan ke tiga dalam jajanan khas lebaran yang tidak lama berada di meja tamu saat lebaran. Sesekali, kaleng tersebut bukan berisi biskuit tapi mungkin krupuk, rengginang, peyek, dll.
Menurut pengamatan admin ini seakan sudah menjadi tradisi yang secara berkelanjutan dari generasi ke generasi berlangsung demikian dari dahulu.
Biskuit ini memang digemari oleh anak-anak hingga orang tua, terbukti sewaktu kecil dulu ketika membuka kaleng saya pun pasti langsung mengambil kue wafer dalam kaleng ini, rasa wafernya lebih enak lembut di lidah berbeda dengan wafer lain. 



4. KERIPIK PISANG
Keripik pisang adalah makanan yang terbuat dari pisang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Makanan ini juga seakan wajib hadir dimeja tamu saat lebaran tiba.
Sejujurnya kripik pisang sangat kental dengan lidah orang Jawa dan berhak menduduki urutan ke tiga, namun berdasarkan pemantauan admin posisinya harus berada di urutan ke empat karena walaupun rasanya enak mungkin kripik pisang sudah sering dijumpai saat bertamu di hari-hari biasa sebagai jajanan khas penyaji teman minum dikala ngobrol-ngobrol.



5. RENGGINANG
Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak.
Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.
Rengginang dianggap pantas menududuki peringkat ke lima dikarenakan jajanan yang satu ini sudah memiliki peminat khusus dan bahkan menjadi semacam kepuasan saat lebaran bisa menyajikan jajanan ini sebagai jamuan tamu saat ngobrol.
Rengginang sangat enak dimakan rasanya yang gurih dan renyah sesuai dengan lidah anak-anak sampai dengan orang tua, jajanan ini menjadi makanan tradisionil yang tetap bertahan hingga era sekarang karena sudah mempunyai penikmat tersendiri.
Admin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri Taqobalallahu minnaa wa minkum Shiyamanaa wa shiyamakum Minal 'aidin wal faizin Mohon maaf lahir.

Jadi itulah kira-kira 5 jajanan yang TIDAK TAHAN LAMA di meja tamu saat lebaran tiba, ada yang mau menambahkan ? di kolom komentar ya

Sumber : wikipedia.org

1 komentar:

  1. Wah enak ni.. makasih ya atas sharenya sangat bermanfaat sekali
    disini

    BalasHapus