Rabu, 27 Mei 2015

KIAT AMAN BERBELANJA JUAL BELI ONLINE


Seperti disebutkan dari sumber www.antaranews.com, Kemenkominfo mengklaim bahwa saat ini jumlah pengguna Internet di Indonesia sudah mencapai 57% dari jumlah penduduk, atau kasarnya mencapai hampir 137 juta pengguna. 

Angka yang cukup fantastis mengingat awal tahun ini APJII mencatat jumlah pengguna Internet di tanah air baru berkisar di angka 71 juta dan perkiraan banyak pihak akhir tahun ini jumlahnya baru mencapai kisaran 80-an juta pengguna.

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengakses Internet di Indonesia berbarengan juga dengan munculnya kemudahan-kemudahan baru dalam hal memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sekarang untuk bisa mendapatkan barang kebutuhan kita tidak perlu repot-repot keluar rumah, hanya tinggal menggunakan gadget atau laptop dengan akses internet, beberapa toko online siap memenuhi kebutuhan berbelanja anda secara mudah.

Namun begitu seiring dengan kemudahan yang ditawarkan banyak pula bahaya yang mengancam para pembeli online dalam berbelanja secara online, berikut ini admin berikan kiat dalam jual beli online supaya tidak tertipu dan meminimalisir kriminalitas dalam jual beli online.

Pastikan bahwa pihak penjual memiliki situs resmi, situs resmi biasanya diakhiri dengan domain .com atau domain .co.id yang menandakan alamat situs tersebut mempunyai tujuan komersil atau merupakan milik sebuah perusahaan.

Banyak jaman sekarang yang memanfaatkan situs  blogging atau forum-forum untuk jual beli, pilihlah situs web yang dapat dipercaya biasanya terdapat contac person yang dapat dihubungi apabila hendak bertransaksi.

Kebetulan saya menggunakan blogspot untuk sarana jual beli, blogspot dirasa cukup untuk menyediakan informasi menggenai spesifikasi barang dengan menyertakan tampilan gambar penunjang.

Situs alamat toko online saya bisa diakses di http://lapak-banyumudal.blogspot.com 

Kedua pastikan anda mengenal calon penjual secara singkat, lebih jelas lebih baik.
Jika pribadinya bagus, maka Anda bisa lanjutkan transaksi Anda. Bisa juga dengan sebelumya melihat review-review yang ada di internet, Anda bisa ketikkan di Google alamat perusahaan yang bersangkutan, kemudian bagaimana respon para reviewer-reviewer tersebut.


Reputasi belum tentu didapat berdasarkan baik/buruknya user tersebut menjual atau membeli barang, tapi ada kemingkinan didapatkan dari subforum-subforum lain di kaskus selain FJB (Forum Jual Beli), jadi jangan cuma melihat reputasinya saja dan memutuskan untuk langsung bertransaksi, periksalah hal-hal lainnya

Bila yang Anda ajak bertransaksi online adalah individual (seorang mandiri), sebenarnya sama saja dengan yang di atas, yakni juga dengan melihat kredibilitasnya, minimal Anda sudah mengenal dengan siapa Anda bertransaksi, entah itu lewat aktivitas bloggingnya atau web-webnya yang membuatnya bisa dipercaya.

Pada awalnya semua seller memang terlihat baik-baik saja, tapi tidak ada salahnya menyempatkan diri memeriksa hal-hal lainnya, karena orang bisa berubah, dulunya baik, sekarang siapa yang tahu. Dan biasanya juga masalah-masalah timbul belakangan.


Testimonial adalah kesaksian dari para pembeli yang pernah membeli dari penjual tersebut, Maka lihatlah thread testimonial dari penjual (jika ada), telitilah siapa saja user yang pernah bertransaksi dan memberikan kesaksian, akan lebih baik jika kesaksian telah banyak diberikan oleh kaskuser dengan jumlah postingan yang banyak dan mempunyai reputasi baik. 

Testimonial-testimonial dari penjual dapat dilihat di subforum khusus di fjb yaitu subforum Feedback dan lain sebagainya.


Jangan Pernah Mengirim Uang Melewati Wire - Transfer – Services dan Jauhilah semua Transaksi yang dilakukan dengan Pengiriman Barang apabila hanya Scammer yang Garansi Transaksi anda.


Harap berhati-hati dalam setiap transaksi online, utamakan transaksi secara langsung (COD) jika memungkinkan dan Jika COD, periksa secara mendetil barang yang hendak dibeli, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansi (jika ada) 

Jika tidak memungkinkan untuk COD atau transaksi secara langsung, dapat meminta tolong teman yang satu kota dengan penjual namun Jika tidak dapat COD atau meminta bantuan teman, dapat menggunakan jasa sesama kaskuser yang membantu menjembatani penjual dan pembeli. Prosedurnya jika terjadi transaksi, pembeli antara penjual dan pembeli.



Bila Transaksi terjadi antara seller dan buyer berbeda kota maka harus disepakati oleh kedua belah pihak untuk menggunakan rekening bersama artinya pembeli mentransfer uangnya ke kaskuser pengelola rekening bersama setelah itu disepakati maka penjual mengirim barang ke pembeli sehingga ketika Barang sampai ke pembeli dan tidak ada masalah, uang akan ditransfer dari pengelola  rekening bersama kepada penjual. 

Hal ini berlaku juga sebaliknya jika terjadi masalah, misal barang tidak pernah sampai, maka uang akan dikembalikan ke pembeli.

Biasanya ada biaya untuk jasa seperti ini, besarnya tarif relatif, tergantung dari jenis rekening  bersama apa yang kamu gunakan, Rekening bersama dapat ditemui di subforumfjb / services / others dan Rekening bersama sifatnya unofficial atau tidak resmi dikeluarkan oleh kaskus, Salah satu tujuan Rekening Bersama ini untuk meminimalisir penipuan.

Itulah tips-tips dan cara bagaimana cara aman melakukan transaksi online. sebenarnya masih banyak lagi, hal-hal yang harus Anda perhatian selain di atas, tapi saya rasa itu sudah cukup.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar